Monday, December 5, 2016

Skateboard Apa Sih Itu ???

By Admin  |  December 05, 2016 No comments




Di tahun 1963 skateboard mulai terkenal.Perusahaan pembuat skateboard mulai bermunculan,seperti Jack's,hobie,dan mahaka bersaing ketat.Atlet skateboard pun menjadi idola.Mereka diantaranya Torger Johnson,Woody WoodWard,dan Danny Barer.

Gaya gaya bermain skate mereka berbeda lho dengan trik trik yang dimainkan oleh anak anak jaman sekarang,kalau dulu bermainnya lebih identik dengan tari balet.Skateboard pertama kali ditemukan pada pertengahan tahun 1950, seiring dengan perkembangan era surfing di daerah California, Amerika Serikat. Pertama kali muncul, skateboard masih diciptakan oleh tangan manusia dan terbuat dari kayu yang gabungkan dengan ban sepatu roda dan disambungakan oleh trucks dari sepatu roda juga yang sangat tebal dan berat. Pada saat itu orang juga belum mengenal nama ‘skateboard’, melainkan ‘sidewalk surfing.

Papan luncur (bahasa Inggris: skateboard) adalah sebuah papan yang memiliki empat roda dan digunakan untuk aktivitas meluncur. Papan ini memiliki tenaga yang dipacu dengan mendorong menggunakan satu kaki sementara kaki yang satunya berada di atas papan. Bisa juga sang pengguna berdiri di atasnya sementara papan ini meluncur ke bawah pada sebuah turunan yang curam dan dengan ini menggunakan gaya gravitasi sebagai pemacu.Skateboard kalo diterjemahkan ke Bahasa Indonesia (menurut google translate) adalah skate=luncur board=papan..jadi skateboard adalah luncur papan(heh????), serius ah..menurut wikipedia, skateboard itu adalah sebuah papan yang memiliki empat roda dan digunakan untuk aktivitas meluncur (heh???).


 Papan ini memiliki tenaga yang dipacu dengan mendorong menggunakan satu kaki sementara kaki yang satunya berada di atas papan. Bisa juga sang pengguna berdiri di atasnya sementara papan ini meluncur ke bawah pada sebuah turunan yang curam dan dengan ini menggunakan gaya gravitasi sebagai pemacu (heh???). Walah ribet juga ni nyari arti skateboard, ya sudah saya coba simpulkan sendiri(bukannya dari tadi). Skateboard adalah suatu alat yang digunakan oleh para skater untuk melakukan olahraga skateboarding, pada umumnya terdiri dari suatu papan memanjang dengan 4 roda, dengan ukuran masing-masing bagian tergantung kepada medan yang akan digunakan, misal untuk maen di jalanan(street) biasanya dipake deck atau papan yang ukurannya antara 7.5″-7.75″ dengan wheel atau roda antara 50-55mm(ukuran-ukuran ini bakal dibahas dipostingan lain..hehehe).

                         

Setelah kita tau apa itu skateboard, sekarang saatnya kita mengenal lebih dekat bagian-bagian dari skateboard itu sendiri.Istilah ”SKATEBOARD” awalnya belum populer, pada era terdahulu biasanya orang menyebutnya dengan ”SIDEWALK SURFING”. Kini skateboard tampil dengan lebih ringan dan praktis, desain dan motifnya pun menambah nilai kebanggaan bagi pengguna skateboard.Skateboard adalah sebuah papan luncur yang terdapat lengkungan pada kedua ujung dari papan dan memiliki empat buah roda, yang dimana roda tersebut dihubungkan ke papan dengan perangkat yang disebut trucks. Papan skateboard terbuat dari lembaran-lembaran papan tipis yang terbuat dari kayu mapple. Biasanya untuk satu papan terdiri dari 7 lapisan yang dipress menjadi satu dengan menggunakan mesin press khusus. Papan ini memiliki tenaga yang dipacu dengan mendorong menggunakan satu kaki sementara kaki yang satunya berada di atas papan. Bisa juga sang pengguna berdiri di atasnya sementara papan ini meluncur ke bawah pada sebuah turunan yang curam dan dengan ini menggunakan gaya gravitasi sebagai pemacu.

Perkembangan Skateboard Di Indonesia
Di Indonesia sendiri perkembangan olahraga skateboard ini masih tergolong sangat baru yakni sekitar tahun 80an sudah ada beberapa orang Indonesia yang menekuni olahraga ini. Peminatnya semakin banyak sejalan dengan waktu meskipun sebenarnya tidak pernah diadakan kejuaraan skateboard di Indonesia. Para skater mendapatkan informasi tentang skateboard dengan cara menonton Video atau membaca majalah skateboard dari luar negri. Cara mendapatkannya pun tergolong tidak gampang, cara termudah biasanya salah seorang teman memiliki kakak atau orang tua yang bekerja diluar negri dan menitipkan oleh-oleh berupa video ataupun majalah skateboard bahkan mungkin ada yang dibelikan skateboard lengkap yang masih tergolong sulit pula dibeli di Indonesia.


Pertengahan tahun 90an semakin banyak pemuda yang bermain skateboard karena sudah ada skateshop yang menjual peralatan skateboard secara lengkap meskipun tidak dengan legal license. Pada tahun 1996 Mr. Craig Huddleston membuka sebuah toko yang menjual Surf, Skate and Street Apparel dengan nama City Surf. Toko tersebut menjual segala pernak pernik peralatan untuk surfing maupun skateboarding. Dengan perkembangan pemikiran yang semakin kritis atas potensi skateboard di Indonesia, akhirnya Mr.Craig selaku pemilik City Surf memiliki inisiatif untuk menggelar kejuaraan skateboard pada tahun 1998 di Jakarta.

Tak Terduga ditengah masa kejayaanya,tiba tiba skateboard mengalami masa penurunannya di tahun 1965.Permainan ini dianggap tak lebih macho dari permainan hola hop anak perempuan.Perusahaan Perusahaan skateboard banyak yang gulung tikar atas terjadinya peristiwa tersebut.Tetapi masih banyak para remaja yang memainkannya pada waktu senggang.

Tahun 1998 adalah tahun pertama kalinya City Surf menyelenggarakan kejuaraan skateboard dengan skala lokal. Peserta yang hadirpun tidak terlalu banyak, karena memang masih tergolong olahraga minoritas dan awam. Kelas yang dipertandingkan adalah street course dan mini ramp. Melihat animo peserta yang sangat antusias dalam mengikuti kejuaraan ini aKhirnya tahun 1999 dan 2000 City Surf menggelar kembali kejuaraan skateboard dengan nama “City Surf Open Skateboard Competition†di Pulo Mas Jakarta Timur.Pada tahun 2001 City Surf mulai mencoba menyelenggarakan kejuaraan skateboard di luar Jakarta. Seri pertama berlokasi di Balai Kota Bandung. Pada saat itu kejuaraan skateboard ataupun olahraga skateboard itu sendiri masih tergolong olahraga yang identik dengan olahraganya orang bule. Seri kedua diselenggarakan di Balai Kota Surabaya. Memang pada tahun tersebut peserta belum sebanyak saat ini. Karena masih banyak yang belum mengerti bagaimana bermain skateboard dan juga dimana harus membeli perlengkapan skateboard. Dengan diadakannya kejuaraan ini, City Surf juga ingin menginformasikan kepada khalayak bahwa telah dibuka toko yang menyediakan pakaian, aksesoris dan perlengkapan skateboard dengan nama City Surf.Pada tahun 2002 City Surf memiliki komitmen tinggi akan memasyarakatkan olah raga ini dengan menggelar 3 seri dalam 1 tahun. Seri pertama tahun ini diselenggarakan di kemang skatepark Jakarta pada tanggal 17 Maret 2002. pada saat itu kemang Skatepark adalah skatepark permanen pertama di Jakarta. City Surf Open 1st Series Skateboard Competition ini dipertandingkan 2 kategori. Untuk kategori pertama adalah Street Course. Kategori ini pun dibagi menjadi 4 kelas yaitu Junior under 12 years old, Pemula, Menengah dan Amatir. Kategori yang kedua adalah Bowl. Untuk kategori ini hanya dipertandingkan 1 kelas yaitu Bowl Open.

Pada tahun 1975 skateboard mulai bangkit kembali.Hal ini dikarenakan marak diadakan lomba freestyle dan slalom di California.Lomba ini merupakan lomba terbesar di sepanjang 10 thn setelah kemunduran skateboard tersebut.Dan banyak skater-skater yang memperkenalkan gaya gaya yang berbeda dari dulu.

Author: Admin

Hello, I am Author, decode to know more: In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

► Most Review

TIPS TIPS BERMAIN FUTSAL

Bermain futsal itu bukan sekedar berlari ke sana ke mari mencari keringat. Bukan juga sekedar berdansa menggocek bola. Di luar tuntuta...

E-mail Newsletter

Sign up now to receive breaking news and to hear what's new with us.

COPYRIGHT © 2015 - 2019 Klix Sport BLOG RIEZKYAA RK | | R.K | RIZKY KUSWARA
TOP