Monday, December 5, 2016

10 TIPS LATIHAN POKOK BADMINTON PEMULA

By Admin  |  December 05, 2016 No comments



Latihan fisik bulu tangkis juga diperlukan agar para pemainnya mampu meningkatkan keterampilan gerak secara kompleks dan maksimal.

Gerakan seperti memutar tubuh, menjangkau kok, dan melompat secara cepat apalagi melakukan langkah lebar pun harus dilatih. Dalam permainan badminton, selain teknik dasar permainan bulu tangkis yang harus dipelajari, kekuatan otot tangan juga memegang peranan penting agar bisa menghasilkan pukulan pukulan yang kuat, tepat dan kencang khususnya pukulan smash. menjadi pemain bulutangkis elite atau berprestasi, maka harus menguasai bermacam-macam dasar bermain bulutangakis dengan benar.

Oleh karena itu, hanya dengan modal berlatih tekun, disiplin, terarah dibawah bimbingan pelatih yang berkualifikasi baik, dapat menguasai berbagai teknik dasar bermain bulutangkis secara benar pula Ada banyak teknik yang dilakukan oleh atlet-atlet badminton seperti drop shots, push, drive, dan pastinya smash. 

Bagi kamu yang gemar bermain atau menonton badminton, masa sih kamu nggak terlena ketika melihat atlet-atlet ini melakukan smash? tanpa latihan fisik pun bisa saja melakukan gerakan-gerakan tersebut, namun hasilnya belum tentu sempurna atau seimbang.

 Demi dapat melakukan seluruh gerakan dengan baik dan tetap seimbang, latihan-latihan fisik baik secara khusus maupun umum .


Seorang pemain bulu tangkis yang memiliki tubuh kurang lentur akan sangat gampang mengalami cedera pada otot dan sendi.Maka Dari Itu bulu tangkis ada latihan fisik khusus yang para pebulu tangkis juga perlu untuk lakukan dan bentuk-bentuk latihannya antara lain seperti:

10 TIPS LATIHAN POKOK BADMINTON PEMULA

1.Latihan Senam

Dalam latihan fisik umum dalam bulu tangkis, senam peregangan juga dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan sendi dan seluruh bagian tubuh. Lebih dianjurkan untuk melakukan latihan peregangan dengan gerakan peningkat kekuatan bagian tubuh atas dan bawah sebagai selingannya

2.Latihan Lompat Tali

Supaya gerak pergelangan tangan bisa lebih kuat sekaligus juga fleksibel, latihan lompat tali adalah contoh yang paling tepat. Proses latihan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan lompatan menggunakan satu kaki; pastikan melakukannya secara berganti-gantian

3.Latihan Push Up

Gerakan push up merupakan salah satu latihan yang tepat untuk melatih kekuatan tangan agar pukulan atau smash bisa lebih kencang.

4. Latihan Hover Rotation

Saat melakukan gerakan ini, otot deltoid dan juga trapezius bahu akan bekerja dengan maksimal dan hampir semua otot di bagian tubuh atas juga akan bekerja saat melakukan hover rotation. Awali gerakan dengan berbaring telentang dan letakan telapak tangan di lantai kemudian angkat pinggul hingga tubuh sejajar dengan kaki.

5. Latihan Back Up

Gerakan back up yang dilakukan dengan posisi tengkurap ini tidak hanya baik untuk melatih otot punggung dan tangan

6. Latihan Seated Row

Seated row adalah latihan yang bagus untuk melatih otot bahu bagian belakang dan juga otot punggung bagian tengah. Awali gerakan dengan duduk di kursi sambil memegang cable sedangkan kaki diletakkan pada pijakan dengan lutut yang sedikit ditekuk sambil membungkukkan badan

7. Latihan Chair Dips

Latihan ini bisa dilakukan dimanapun dengan bantuan kursi untuk melatih trisep bagian belakang lengan dan juga tulang belikat agar pukulan bisa lebih kencang.

8. Latihan Empty The Can

Latihan ini membantu kinerja otot punggung atas dan juga bahu yang merupakan beberapa otot penting untuk gerakan smash.

9. Latihan Loaded Badminton Racket Wrist Rotations

Pergelangan tangan yang kuat dan fleksibel akan meningkatkan keakuratan dan variasi pukulan saat bermain badminton dan juga menahan raket secara kuat sekaligus meningkatkan kekuatan pergelangan tangan yang menjadi cara bermain bulu tangkis untuk pemula.

10. Latihan Dip

Dip merupakan gerakan seperti push up namun dilakukan dengan arah yang terbalik atau berlawanan yang merupakan salah satu cara memperkuat pukulan smash dalam bulu tangkis















Author: Admin

Hello, I am Author, decode to know more: In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

► Most Review

TIPS TIPS BERMAIN FUTSAL

Bermain futsal itu bukan sekedar berlari ke sana ke mari mencari keringat. Bukan juga sekedar berdansa menggocek bola. Di luar tuntuta...

E-mail Newsletter

Sign up now to receive breaking news and to hear what's new with us.

COPYRIGHT © 2015 - 2019 Klix Sport BLOG RIEZKYAA RK | | R.K | RIZKY KUSWARA
TOP