Monday, December 5, 2016

8 Tips Untuk Memperkuat Pukulan Smash Badminton

By Admin  |  December 05, 2016 No comments


Bagi kamu yang gemar bermain atau menonton badminton, masa sih kamu nggak terlena ketika melihat atlet-atlet ini melakukan smash? Smash adalah sebuah pukulan overhead atas yang diarahkan kebawah dan dilakukan dengan tenaga penuh.

Pukulan ini identik sebagai pukulan menyerang karena itu,tujuan utamanya untuk mematikan lawan.Kalau anda berlatih dengan benar maka akan menghasilkan pukulan yang keras dan menukik tajam.

 Memang untuk mencapai smash yang kuat, kamu harus lebih mengandalkan pergelangan tangan dibandingkan dengan gerakan dari pundak dan lengan. Tapi, ini bukan berarti kamu nggak bisa menggerakan pundah dan lengan.

 Memang untuk melakukan teknik smash yang benar dan kuat nggak gampang, tapi kamu bisa mempelajari beberapa tips ini untuk mendapatkan smash yang optimal.

1.Lari

Lakukanlah joging secukupnya kira-kira 30 menit sebelum mulai latihan karena dengan lari badan akan terasa lentur dan otot siap untuk melakukan aktifitas.

2.Pemanasan

Disini saya tekankan sebelum melakukan suatu aktifitas olahraga harus dimulai dengan pemanasan secara statis dan dinamis,agar tidak mudah terjadi cidera.

3.Latihan menggunakan barbel

Gunakanlah barbel kira-kira mempunyai beban 5-10 kg saja.Ambil sebuah barbel dengan satu tangan dengan posisi tangan lurus keatas kemudian digerakkan keatas dan kebawah.Dilakukan dengan tangan bergantian agar kanan kiri bisa seimbang.

4.Push-up

Lakukan gerakan push-up minimal sehari 30 gerakan.Push-up juga berfungsi untuk melatih otot lengan.

5.Rangen/Full-up

Gerakan ini juga berfungsi untuk melatih otot lengan dengan cara posisi tergelantung,lalu angkat badan tahan bentar kemudian turun lagi.Agar menghemat biaya anda juga bisa menggunakan media pohon.

6.Melatih jumping smash

Jumping memang sangat dibutuhkan dalam melakukan smash,karena jumping bisa menambah daya gedor pada sat melakukan smash bulu tangkis.anda bisa melatihnya dengan cara lakukanlah lari sprit,lari kidang,loncat tali,lari tangga.

7.Melatih polos

Untuk melatih polos sangat penting sekali agar dalam melakukan smash bisa menukik tajam kebawah.Caranya ambilah sebuah botol kemudian di isi pasir posisi tangan lurus keatas lalu gerakan pergelangan tangan naik turun.

8.Melatih timing

Untuk melatih timing sangat dibutuhkan konsentrasi tinggi,ajalah teman untuk mengoperkan kok kearah anda dengan posisi siap smash.Lakukanlah berulang-ulang sampai pukulan anda tepat sasaran.

Diatas tadi sudah saya jelaskan tentang bagaimana cara melakukan smash dengan benar,kali ini saya akan jelaskan tentang pukulan Drive.Biasanya pukulan drive banyak digunakan dalam permainan ganda,pukulan drive adalah pukulan yang cepat dan mendatar.Tujuan dari pukulan ini untuk menghindari lawan menyerang atau sebaliknya memaksa lawan mengangkat bola dan berada pada posisi bertahan.Pukulan ini menuntut keterampilan grip,kecepatan refleks dan kekuatan pergelangan tangan.

Dibawah ini hal-hal yang harus anda perhatikan pada saat melakukan pukulan Drive :

1.Pegangan raket dengan satu grip/cepat berpindah

2.Selain kekuatan bahu,gunakan lecutan pergelangan pada saat bola dipukul

3.Cara melatihnya gunakan raket yang lebih berat latih refleks pukulan drive kanan/kiri ketembok.

Demikianlah cara melakukan pukulan smash dan drive dalam permainan bulu tangkis.Setelah anda membaca dan memahami silahkan dipraktekan,semoga bisa memberi manfaat.Silahkan bertanya kepada pelatih yang berpengalaman atau banyak membaca buku untuk menambah wawasan anda.

Author: Admin

Hello, I am Author, decode to know more: In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

► Most Review

TIPS TIPS BERMAIN FUTSAL

Bermain futsal itu bukan sekedar berlari ke sana ke mari mencari keringat. Bukan juga sekedar berdansa menggocek bola. Di luar tuntuta...

E-mail Newsletter

Sign up now to receive breaking news and to hear what's new with us.

COPYRIGHT © 2015 - 2019 Klix Sport BLOG RIEZKYAA RK | | R.K | RIZKY KUSWARA
TOP